Sabtu, 06 Oktober 2012

Pengangguran


Pengangguran
A.        Pengetian Pengangguran
             Pengangguran atau tuna karya adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak.
B.         Penyebab pengangguran
             Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerjayang ada yang mampu menyerapnya. Pengangguran seringkali menjadi masalah dalam perekonomian karena dengan adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatan masyarakatakan berkurang sehingga dapat menyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah-masalah sosiallainnya.
             Tingkat pengangguran dapat dihitung dengan cara membandingkan jumlah pengangguran dengan jumlah angkatan kerja yang dinyatakan dalam persen. Ketiadaan pendapatan menyebabkan penganggur harus mengurangi pengeluaran konsumsinya yang menyebabkan menurunnya tingkat kemakmuran dan kesejahteraan.
C.         Akibat Yang di Hasilkan Oleh pengangguran
             Pengangguran yang berkepanjangan juga dapat menimbulkan efek psikologis yang buruk terhadap penganggur dan keluarganya. Tingkat pengangguran yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kekacauan politik keamanan dan sosial sehingga mengganggu pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Akibat jangka panjang adalah menurunnya GNP (Gross National Product) dan pendapatan per kapita suatu negara. Di negara-negara berkembang seperti Indonesia, dikenal istilah "pengangguran terselubung" di mana pekerjaan yang semestinya bisa dilakukan dengan tenaga kerja sedikit, dilakukan oleh lebih banyak orang.
D.        Jenis dan Macam Pengangguran
             *          Pengangguran Friksional / Frictional Unemployment
                         Pengangguran friksional adalah pengangguran yang sifatnya sementara yang disebabkan adanya kendala waktu, informasi dan kondisi geografis antara pelamar kerja dengan pembuka lamaran pekerjaan.
             *          Pengangguran struktural
                         Pengangguran struktural  adalah keadaan di mana penganggur yang mencari lapangan pekerjaantidak mampu memenuhi persyaratan yang ditentukan pembuka lapangan kerja. Semakin majusuatu perekonomian suatu daerah akan meningkatkan kebutuhan akan sumber daya manusiayang memiliki kualitas yang lebih baik dari sebelumnya.
             *          Pengangguran Musiman / Seasonal Unemployment
                         Pengangguran musiman adalah keadaan menganggur karena adanya fluktuasi kegiaan ekonomi jangka pendek yang menyebabkan seseorang harus nganggur. Contohnya seperti petani yang menanti musim tanam, tukang jualan duren yang menanti musim durian.
             *          Pengangguran Siklikal
                         Pengangguran siklikal adalah pengangguran yang menganggur akibat imbas naik turun siklus ekonomi sehingga permintaan tenaga kerja lebih rendah daripada penawaran kerja.

E.         Penyebab Pengangguran
             a.         Penduduk yang relatif banyak
             b.         Pendidikan dan keterampilan yang rendah
             c.         Angkatan kerja tidak dapat memenuhi persyaratan yang diminta dunia kerja
             d.         Teknologi yang semakin modern
             e.         Pengusaha yang selalu mengejar keuntungan dengan cara melakukan penghematan.
             f.          Penerapan rasionalisasi
             g.         Adanya lapangan kerja yang dengan dipengaruhi musim
             i.          Ketidakstabilan perekonomian, politik dan keamanan suatu negara

G.        Solusi Mengurangi Angka Pengangguran
             *          Mengadakan Pelatihan Gratis
                         Pelatihan gratis sangat membantu setiap orang untuk mendapatkan keterampilan yang di butuhkan para calon pekerja. Dengan keterampilan yang cukup maka akan memudahkan untuk mendapatkan pekerjaan ataupun sebagai pengusaha sukses.
Contoh dari pelatihan Gratis :
                                                                     -        Pelatihan komputer dan internet
                                                                     -        Montir mobil
                                                                     -        Jahit pakaian
                                                                     -        Bahasa Inggris
                                                                     -        Tata Rias
            
             *          Mempermudah kucuran modal
                         Pemerintah sebaiknya mempermudah dalam pemberian modal usaha bagi pelaku bisnis terutama bagi usaha kecil dan menengah. Karena banyak sekali orang yang memiliki kemampuan dan ide kreatif tetapi tersendat pada permasalahan modal. Dengan adanya kebijakan pemerintah untuk mempermudah pengucucran modal bagi pengusaha maka akan membuka lapangan pekerjaan yang luas bagi masyarakat.
             *          Memberikan Pendidikan Wirausaha
                         Jiwa wirausaha harus di bentuk dari mulai pelajar, bagaimana seorang siswa ini bukan hanya bercita-cita untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus, tetapi dibekali juga dengan sikap wirausaha yang dapat menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya demi membantu kesejateraan masyarakat. Kurikulum pendidikan sebaiknya memasukan wirausaha sebagai materi pendidikan di sekolah.
             *          Melindungi Produk Dalam Negeri
                         Dengan membanjirnya produk luar negeri masuk ke pasar dalam negeri maka dapat mematikan pengusaha kecil di tingkat lokal. Pemerinta harus dapat melindungi produk lokal ini agar tetap mendapatkan tempat di negeri sendiri. Jangan hanya menguntungkan beberapa pihak tetapi mengakibatkan terhentinya produk lokal untuk berproduksi sehingga pengangguran makin hari makin menjadi

             Semua ini menjadi menjadi tugas kita bersama sebagai rakyat dan sebagai pemerintah, untuk bisa mengurangi angka pengangguran di negara ini. Seharusnya pemerintah yang paling berperan dalam hal ini. Pemerintah sekarang sudah tidak pro terhadap rakyat, hanya bisa merenguk semua kebahagian rakyat. Uang yang semestinya di gunakan untuk rakyat, malah di gunakan untuk kantong pribadi Wakil Rakyat (DPR).

Sekian artikel ini saya buat
Hanya untuk pembelajaran semata.
Dan semoga bisa di terapkan untuk Negara kita tercinta
Indonesia

0 komentar :