Rabu, 31 Oktober 2012

Cara Mendidik Anak


Anak itu adalah Titipan Tuhan yang Maha Esa yang harus kita didik, yang harus kita rawat. Pada umumnya anak di bawah 10 tahun biasanya banyak pertanyaan yang keluar dari mulutnya, dan kadang kalah pertanyaan itu tak terduga harus keluar dari mulut mereka yang masih kecil. Kitapun orang tua atau Kakaknya atau sepupunya, harus bisa menjawab pertanyaan anak itu. Kerena jikalau kita tidak menjawabnya yang ada anak itu akan mencobanya mencari taunya sendiri, yang di takutkan akan berbahaya bagi anak tersebut.

Kebanyakan kita orang tua tidak pernah menjawab pertanyaan anak kita dengan benar. Jawaban yang paling banyak keluar dari mulut kita adalah “Belum waktunya kamu Tau”. Padahal kalau mau di fikir anak yang bertanya itu tanda anak yang sedang berkembang otaknya, maka haruslah kita sebagai orang tua bisa menjawab pertanyaan anak itu dengan tepat dan benar, agar anak itu tidak mencoba mencari taunya di luar lingkungan keluarga, jika dia sampai mencarinya di luar lingkungan keluarga yang di takutkan dia akan mendapatkan jawaban yang justru akan menjerumuskan dirinya sendiri, atau jawaban salah. Anak itu biasanya sekali kita nasehat itu langsung tertanam di otak makanya jika dia dapat informasi yang salah bisa berbahaya untuk dia di kemudian hari.

Anak sebenarnya sering mengikuti tingkah laku yang di lakukan orang yang dia liat dan kebanyakan itu saudara atau bapak ibunya, makanya contohkan tingkah laku yang baik kepada anak. Dan kebanyakan dari kita jika anak salah langsung di didik dengan pukulan, sebanarnya itu bukan salah dan bukan benar juga. Anak di usia 7 tahun kebawah itu belum layak untuk di didik dengan pukulan, kecuali anak di atas 7-10 tahun itulah yang baru bisa di pukul jikalau dia tidak bisa kita tegur dengan lisan, dan itu wajib.

Yang paling nomor satu menurut saya adalah berilah anak anda makanan yang halal jangan pernah mencoba memberikan makan dari hasil judi, KORUPSI, pencurian, atau apapun. Karena itu menurut penelitian yang ada bisa membuat otak anak anda tidak bisa berfungsi dengan sebenarnya.

Mohon maaf jikalau tulisan ini ada banyak yang salah, soalnya saya juga belum pernah menjadi bapak dan InsyaAllah akan menjadi bapak dalam kurun waktu 6-8 tahun kedepan. Akan tetapi saya buat tulisan ini berdasarkan dengan apa yang saya liat terhadap anak-anak. Sekian dulu tulisan ini semoga kita bisa belajar menjadi Ayah dan Ibu yang bisa mendidik anak kita dengan didikan yang benar, dan semoga anak kita bisa menjadi jembatan kita untuk menuju Surganya Allah SWT. Amin…Amin..Amin Ya Robbal Alamin.

0 komentar :