Selasa, 23 Oktober 2012

Mau jadi apa nih Negara.?

Jam segini aku lagi mencari makanan diluar, dan jam segini pula aku menemukan anak-anak yang berusia sekitaran umuran 8-9 tahun yang seharusnya sekarang lagi tidur nyenyaknya, akan tetapi pada saat ini mereka berkelompok jalan menyusuri gang demi gang, jalan demi jalan rumah demi rumah, hanya untuk botol plastik yang sudah tidak di pakai lagi.

Akupun bertanya pada mereka. "Lah, emang besok tidak sekolah yah.?" Jawaban simpelpun keluar dari mulut mereka yang masih polos yang seharusnya jam segini sudah pada tidur untuk persiapan tenaga buat besok menuntut ilmu, "Kami sudah tidak sekolah kakak". Begitu terdengar jawaban yang keluar dari mulut-mulut bocah-bocah yang sangatlah polos, aku langsung menitikan air mata sambil merenung.

Mau jadi apa ini negara, kalau anak-anak yang seharusnya wajib untuk sekolah 12 tahun, eh tau-tau tidak sekolah malah membantu keluarganya untuk mencari sesuap nasi, dan setetes air untuk minum sehari.

Anak-anak yang nantinya menjadi penerus bangsa ini, yang seharusnya berpekerti tinggi dan berakhlak baik. Apa ini yang di sebut dengan sayap Garuda sadah patah.? Apa ini yang di sebut Mata Garuda sudah rabun.? Apa ini tanda-tanda Indonesia yang dahulunya di sanjung sama dunia, akan segera berakhir.?

Kalau ini terus di biarkan pasti lambat laun negara ini akan kembali di Jajah, bukan di jajah secara fisik akan tetapi di jajah dalam bidang science dan tegnologi. Sekarang tugas kita harus menghilangkan ego kita, kita berfikir kedepan bukan hanya berfikir seminggu dua minggu, sebulan dua bulan, setahun dua tahun, akan tetapi berpikir jangka panjam dalam seratus tahun mendatang Indonesia kita tercinta akan menjadi apa sih.?

0 komentar :