Minggu, 04 November 2012

Plonco dari Senior


Pasti kita sudah merasakan bangku pendidikan dari SD, SMP dan SMA. Saya rasa juga kita sudah pernah merasakan yang namanya Extrakulikuler, atau biasa di singkat dengan Exkul. Di Exkul inilah kita pasti merasakan yang namanya plonco dari senior atau senioritas.

Kadang kita merasakan plonco dari senior itu seperti menjatuhkan mental kita, menjatuhkan harga diri kita, membuat kita ketakatukan. Padahal sebenarnya plonco dari senior itu membuat kita lebih dewasa, membuat kita menjadi disiplin, mendidik kita menjadi lebih dari diri kita sabelum.

Saya juga pernah merasakan itu sejak duduk di Bangku SMP, SMP dan Kuliah. Awalnya di SMP tidak terlalu, masuk SMA sudah bisa di bilang lumayan deh, sampai-sampai ada yang nangis, ada yang ketakutan, ada yang sampai lapor orang tuanya. Masuk Kuliah juga lumayan berasa, saya sampai gemeteran, sampai mau menangis rasanya. Tapi itu semua saya sadar dengan begitu saya bisa memahami bangku kuliah itu seperti apa, bisa memahami kehidupan itu seperti apa.

Tapi pesan saya kepada kakak senior yang lain. Cobalah mulai dari sekarang kita hilangkan budaya senioritas, karena membuat adik-adik yang lain menjadi ketakutan. Kitakan satu negara, jadi yah setidaknya saling menghargai harga diri oranglah.

0 komentar :