Jumat, 18 Oktober 2013

Teori Organisasi Umum (Tugas 2)

Assalam’mualaikum. Warahmatullahi. Wabarakatu.
Selamat Pagi…
               
                Oke… dipagi hari walau mentari belum menunjukan sinarnya, dan walau jam dinding menunjukan pukul 02.00 AM. Saya akan mengerjakan tugas softskiil.
Pertanyaannya :
1.       Pada realita dalam suatu organisasi, pembagian kerja masih berlaku, jelaskan !
2.       Contohkan dengan kasus sederhana mengenai standarisasi dapat mendorong koordinasi ?
3.       Jika terdapat bentuk organisasi  seperti di bawah ini :

  1. Berapa  arus hubungan komunikasi ?
  2. Lengkapi gambar tersebut dengan garis arus hubungan komunikasi !
4.       Jelaskan arti dari komunikasi adalah proses penyampaian keterangan ?
5.       Organisasi menggunakan formalisasi akan memperoleh keuntungan-keuntungan, sebutkan keuntungan – ketuntungan tersebut dan berikan contoh ?

Jawab
1.            Pada realita dalam suatu organisasi, pembagian kerja masih berlaku, Jelaskan !
                Berikut ini ada beberapa dasar yang dapat dijadikan pedoman untuk mengadakan pembagian kerja. Pedoman-pedoman tersebut adalah:
                -              Pembagian kerja berdasarkan wilayah atau teritorial, misalnya wilayah timur, barat atau wilayah kecamatan, kabupaten dan lain sebagainya.
                -              Pembagian kerja berdasarkan jenis benda yang diproduksi, misalnya pada komponen -suatu kendaraan, bagian pemasangan jok mobil, pemasangan rem mobil dan lainnya.
                -              Pembagian berdasarkan dari langganan yang dilayani, misalnya adalah langganan secara individual atau kelompok, pemerintahan atau non pemerintahan dan sebagainya.
                -              Pembagian kerja berdasarkan fungsi (rangkaian) kerja, misalnya bagian produksi, bagian gudang, bagian pengiriman dan lainnya.
                -              Pembagian kerja berdasarkan waktu, misalnya shif kerja pagi, siang dan malam.

Dari hal tersebut diatas maka akan tergambar atau terlihat pembagian kerja di dalam suatu organisasi, yakni:
-          Jumlah unit organisasi yang ada akan disesuaikan dengan kebutuhan dari organisasi
tersebut.
                -      Suatu unit organisasi ini harus mempunyai fungsi bulat dan berkaitan dengan yang lainnya.
                -      Pembentukan unit baru hanya dilaksanakan bilamana unit yang ada sudah tidak tepat lagi untuk menampung kegiatan yang baru baik dari beban kerja maupun hubungan kerja.
                -      Secara garis besar akan berpengaruh pada aktifitas dan sifat dari organisasi
tersebut.

2.            Contohkan dengan kasus sederhana mengenai standarisasi dapat mendorong koordinasi?
                         Kesepakatan yang dibuat diawal pembentukan tim organisasi dapat mempermudah tim untuk berkoordinasi dengan baik antara sesama anggota organisasi. Contohnya : koordinasi yang dilakukan antara ketua dengan anggotanya untuk saling terbuka dalam melakukan suatu kegiatan dapat mempermudah berkembangnya koordinasi antara sesama anggota organisasi, karena untuk dapat saling berkoordinasi dengan baik harus ada saling keterbukaan antara satu dengan yang lain. Karena akan menyulitkan jika ada anggota yang tidak dapat dipercaya , hal ini akan mempengaruhi kinerja tim dan juga gerak sosial tim.

3.            Jika terdapat bentuk organisasi seperti di bawah ini :



                a. Berapa arus hubungan komunikasi ?
                        -      ada 1 hubungan komunikasi yaitu antara si A dengan I, II, III dan IV
                b. Lengkapi gambar tersebut dengan garis arus hubungan komunikasi !

4.            Jelaskan arti dari komunikasi adalah proses penyampaian keterangan ?
Komunikasi merupakan suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.

5.            Organisasi menggunakan formalisasi akan memperoleh keuntungan. Sebutkan keuntungan tersebut beserta contohnya !

                Berbicara dengan menggunakan bahasa formal dalam suatu lingkup organisasi sangat diperlukan hal ini dilakukan untuk mempermudah menyampaikan maksud yang ingin disampaikan. Misalnya : jika kita bertemu dengan rekan organisasi lain diluar organisasi yang sama bahasa yang digunakan adalah bahasa formal hal ini bermaksud untuk menunjukan kesopanan kita dalam menghormati dan menghargai orang lain walaupun kita tahu orang tersebut memiliki umur yang sama. Selain itu cara berbicara kita juga menunjukkan jati diri kita sehingga akan dapat mempermudah untuk orang lain percaya dan mau bekerja sama dengan kita. 




Sumber : id.wikioerdia.org

0 komentar :