Selasa, 09 April 2013

Kenapa sih orang membatasi cinta karena perbedaan.?"

Satu kalimat yang saya angkat dari film yang berjudul "3 Hati 2 Dunia 1 Cinta", kalimatnya berbunyi "Kenapa sih orang membatasi cinta karena perbedaan.?"

Cinta nggak bisa dibatasi. Karena cinta itu bagaikan air, walaupun di bendung tetap air akan mencari celah untuk keluar. Biarkan perbedaan itu menjadi satu dengan cinta. Banyak perbedaan yang bagi orang lain adalah pembatas dari cinta, perbedaan agama contohnya. Menurutku biarkanlah cinta itu yang mencari mana kebenaran yang hakiki menurut kata cinta bukan menurut kata nafsu. Tapi ingat cinta beda tipis sama nafsu... Yah, mungkin karena sifat cinta itu sendiri. Sifat cinta pastilah kita semua tau, cinta kadang membuat pikiran jauh dari rasional cepat mengambil tindakan dan nggak memikir panjang. Hampir mirip dengan sifat nafsu mungkin yang membedakan keduanya adalah "kalau cinta memilih salah pasti dia akan mencari lagi yang benar", berbedah dengan nafsu "Walaupun kita tau itu salah, tapi nafsu nggak pernah menyalahkan kesalahan yang kita lakukan.

Jadi buat apa kita membatasi cinta hanya dengan persoalan keyakinan.? Lagipula to yang menciptakan cinta sama dengan yang menciptakan agama. Yah... saya disini bukan menginginkan kalian memilih cinta ketimbang agama, tapi coba kalian fikirkan lagi "Cinta ada karena agama ada dan sebaliknya". Nggak bakalan mungkin jikalau agama ada terus cinta nggak ada, karena agama mengajarkan kita tentang mencintai dan dicintai entah itu agama muslim maupun agama kristen.

Kalau cinta harus digandengkan dengan agama, maka kita harus berbicara agama yang kita anut satu persatu. Jujur agama saya yang paling menekankan perbedaan... Mungkin kalian sudah pada tahu agama yang paling menekankan perbedaan adalah agama Muslim. Saya nggak akan menyalakan agama, yang patut disalahkan adalah individu dari penganutnya. Jikalau cinta yah trima konsekuensinya, mau pindah agama atau masing-masing menahan keyakinan masing-masing yang akan dipadukan dalam satu ikatan.

Makanya sebelum kita melangkahkan hubungan kita ke-jenjang lebih tinggi lagi, haruslah kita memikirkannya. Jangan menggunakan logika untuk memikirkan cinta, karena logika lebih gampang ditipu oleh cinta. Tapi gunakanlah hati untuk menimbangnya, karena hati adalah tempat dimana asalnya cinta itu sendiri.

0 komentar :